Kamis, 22 September 2011

Memperbaiki PUSPIK yang tidak bisa dientrikan/ diganti datanya.

Mungkin bapak-bapak dan ibuk-ibuk mengalami permasalahan ini, hal ini disebabkan aplikasi yang kurang kompatibel dengan PC yang anda gunakan. Berikut langkah-langkah memperbaiki Aplikasi PUSPIK yang bermasalah tersebut.

1.Kasus rata-rata terjadi pada menu CPNS, SERTIFIKASI dan lainnya. ketika akan dilakukan perubahan data yang telah ada ataupun ketika akan mengentrikan data pada kolom isian tidak bisa dirubah/ diisi.













2. Begitu juga pada menu sertifikasi, kolom isian tidak muncul. Kalau sudah begini bagaimana kita bisa mengentrikan data. 
3. Baik, langkah yang perlu kita lakukan pertama kali adalah menampilkan daftar form yang ada pada menu sebelah kiri dari aplikasi PUSPIK. silahkan klik tanda panah dua ">>" seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.




























4. Maka akan tampil jendela seperti berikut ini.


























5. Klik pada header/ judul "Tables" tersebut, lalu akan muncul menu seperti gambar di samping ini. Silahkan anda pilih tampilan "Form" seperti yg terserot pada gambar.
























6. Carilah form yang kita anggap bermasalah, silahkan gerakan scrollbar menuju k arah bawah karena rata-rata form yang ditampilkan pada menu "Perubahan data pegawai" terlatak dibagian bawah.
Dalam contoh kali ini kita ambil "SERTIFIKASI". Klik kanan pada menu SERTIFIKASI. lalu pilih "Design View".




7.Lalu akan muncul jendela seperti dibawah ini, klik kanan pada area kosong seperti gambar di bawah dan pilih "PROPERTI".
8. Akan muncul jendela propoerti disebelah kanan aplikasi, lalu klik tab "DATA" seperti yang tersorot pada gambar dibawah.
              


9.Selanjutnya perhatikan isi properti DATA, pada pilihan DATA ENTRY, ALLOW ADDITIONS, ALLOW DELETIONS danALLOW EDITS masih NO, silahkan ganti ke YES. 
 10. Langkah terakhir klik toombol X yang kedua pada sudut kanan aplikasi seperti yang tersorot pada gambar disamping. 


















11. Ketika ditanya konfirmasi untuk menyimpan perubahan, klik YES. Selanjutnya cobalah jalankan lagi aplikasi puspik, coba anda buka menu PERBAIKAN DATA PEGAWAI
12. Pada menu SERTIFIKASI sekarang telah bisa di entrikan. Silahkan lakukan juga pengaturan ini pada menu yang tidak bisa diedit atau dirubah lainnya. Selamat bekerja...


Silahkan kirimkan pertanyaan anda di email kami bkd.tdatar@gmail.com

atau fb kami di: http://www.facebook.com/groups/165725433509024/
atau telfon k kantor kami (0752) 71923, 72898
Terimakasih...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar